Petisi "Pecat Ketua DPR Setya Novanto" ditandatangani ribuan

Petisi "Pecat Ketua DPR Setya Novanto" ditandatangani ribuan

  • 18 November 2015
Kirim
Image copyright Getty
#TrenSosial: Sebuah petisi online yang ditandatangani ribuan orang menuntut pemecatan Ketua DPR Setya Novanto terkait dugaan pencatutan nama Presiden Jokowi untuk meminta saham Freeport.
Dugaan pencatutan terkuak dari laporan Menteri ESDM Sudirman Said ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), namun Setya Novanto membantah melakukannya.
Petisi yang dibuat oleh A Setiawan Abadi di situs change.org ini ditujukan kepada MKD, kepolisian, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Setya Novanto dalam petisi tersebut dianggap melakukan "penyalahgunaan kekuasaan legislatif, memanipulasi informasi, dan pencemaran nama baik."
Belum 24 jam dibuat, petisi telah ditandatangani lebih dari 6.500 kali.
Image copyright CHANGE.ORG
Image caption Sejumlah petisi yang mendapat tanda tangan terbanyak tahun ini.
Berita tentang kasus pencatutan nama presiden ini mendapat reaksi cukup besar di media sosial. Beberapa berkomentar keras namun, sebuah tagar lelucon #PapaMintaSaham menjadi dominan dan populer di Twitter.
"Bongkar sindikat #PapaMintaSaham yang mencatut nama Jokowi JK," kata @ulinyusron.
Tagar ini berawal dari sebuah meme yang dikicaukan oleh akun @dagadgetboi dengan tulisan "Mama Minta Pulsa, Papa Minta Saham", yang merujuk pada kasus penangkapan sindikat penipuan pulsa ponsel pada awal November lalu.
"Konon kabarnya si #PapaMintaSaham ini selalu lolos dari banyak kasus hukum karena punya sembilan nyawa, enggak tau deh sekarang masih bisa lolos gak," kicau @yudapanjaitan.
Tagar ini populer pada Selasa (17/11) dan sudah digunakan lebih dari 8.450 kali.
Belum ada keputusan apapun terkait kasus tersebut, namun banyak pengguna mengungkapkan kekecewaan terhadap DPR dan menuntut lembaga negara itu dibubarkan.
Hendrawan melalui Facebook BBC Indonesia mengatakan, "anggota DPR saat ini sama sekali tidak mewakili rakyat".
Previous
Next Post »